Pages

Soepomo. Diberdayakan oleh Blogger.

Search

Pages - Menu

Senin, 05 Januari 2015

ABSTRAK
Supomo, S.Pd.,M.Si. NIP. 19671221 199211 1 002. Dinas Pendidikan Kecamatan Sukolilo. Pemanfaatan  Supervisi Akademik  Teknik Infus Untuk Meningkatkan Kompetensi Menilai  Guru Kelas VI  Di Gugus Diponegoro Sukolilo Pati Semester I Tahun 2014/2015.

Penelitian ini dilaksanakan pada  guru kelas  VI  Gugus  Diponegoro Kecamatan Sukolilo semester I/2014/2015. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk : 1) Mendeskripsikan proses supervisi akademik tehnik infus,  2) Mendeskripsikan besarnya  peningkatan  kompetensi guru dalam penilaian.
Penelitian ini dilaksanakan pada  bulan September  2014  sampai Desember 2014  di Gugus  Diponegoro. Metode  yang digunakan adalah  metode  penelitian tindakan sekolah, terdiri  dari  dua  siklus.  Pada  setiap  siklus  siklus dilakukan denan menggunakan  supervisi akademik tehnik infus. Setiap siklus  terdiri atas  empat tahanap  yaitu  perencanaan, tindakan, pelaksanaan, pengamatan tindakan, dan refleksi hasil pengamatan. Data  hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis deskripsi  komparatif  yaitu  membandingkan nilai kondisi awal, nilai siklus I dan siklus II, baik  untuk  proses supervisi akademik tehnik infus dan pelaksanaan kegiatan penilaian dilanjutkan  refleksi.
Berdasarkan hasil analisis   data dapat diketahui bahwa   penerapan  supervisi akademik tehnik infus dapat meningkatkan  kompetensi guru dalam penilaian.   Pelaksanaan supervisi akademik tehnik infus berdasarkan pengamatan teman sejawat   pada  siklus I mencapai 79% dan pada  siklus II mencapai 100%. Pada pelaksanaan penilaian  yang dilakukan guru kelas  VI setelah mendapat supervisi akademik  tehnik infus dengan aspek  (1) penyusunan  program penilaian   pada  pra  siklus  54% meningkat 78% pada  siklus I dan 100% pada siklus II, (2) Pada  aspek penyusunan materi penilaian   pra  siklus 50%, siklus I mencapai 77% dan siklus II meningkat menjadi 100%, (2) Pada  aspek pelaksanaan pada  pra  siklus 56%, pada  siklus I mencapai 79% dan siklus II 93%, (4) Tindak lanjut  pada  pra  siklus  53%, siklus I  80% dan pada  siklus II 92%. Peningkatan kompetensi guru  diikuti  dengan  perubahan  tingkah   sikap  guru  dalam  pelaksanaan penilaian, hal tersebut  terlihat  dari  pelaksanaan penilaian  setelah mendapat  supervisi akademik tehnik infus  yaitu  pelaksanaan penilaian sudah  mencakup  aspek  afektif, psikomotorik dan kognitif  yang berdampak  pada  tumbuhnya  profesionalisme  sebagai seorang pendidik. Berdasarkan hasil  penelitian tersebut dapat disimpulkan  supervisi akademik tehnik infus dapat meningkatkan kompetensi guru kelas VI dalam pelaksanaan penilaian. Saran yang disampaikan kepada  pengawas lain agar   dalam pembinaan menerapkan supervisi  akademik tehnik infus, kepada  guru  agar dijadikan pengalaman dan memotivasi dalam menyelesaikan masalah  pembelajaran.

Kata kunci : supervisi akademik, tehnik infus, kompetensi guru


0 komentar:

Posting Komentar